Cara Mengubah Pengaturan Mesin Pencari Default di Microsoft Edge

Sebagai pengguna internet dimasa kini, kita pasti lebih menginginkan sesuatu yang lebih simpel, lebih gampang, dan yang pastinya lebih lengkap, diantaranya yaitu menggunakan mesin pencari seperti google ini.

pengaturan default search engine microsoft edge

Dengan adanya google, kita bisa leluasa mencari sesuatu yang kita inginkan hanya dengan mengetik kata kunci tujuan didalam kotak pencarian, selanjutnya kita menekan cari, dan taraaa, apa yang kita cari sudah muncul dihalaman.

Tentu ini sangat menarik kan? beda lagi kalau tidak ada mesin pencarian seperti google ini.

Bayangkan jika mesin pencari seperti Google ini dihilangkan, mungkin banyak sekali pengguna internet yang tersesat dan berselancar tanpa arah yang jelas, dan itu mungkin bisa saja terjadi.

Tapi, menurut saya, pengguna internet bisa memanfaatkan mesin pencari yang lain seperti Bing, Yahoo, Yandex, dan masih banyak lagi. Mesin pencari ini sama seperti Google, hanya saja Google lebih unggul dari kesemua mesin pencari diatas itulah kenapa banyak yang memilih Google sebagai mesin pencari utamanya.

Termasuk saya sendiri, karena apabila saya menemukan mesin pencari lain selain Google didalam settingan default search engine, saya pasti mengubahnya.

Ya itu karena saya masih setia, eehhh.

Oke, sesuai dengan tujuannya, kita akan membahas soal mengubah mesin pencari default di Microsoft Edge. Apa itu Microsoft Edge?

Microsoft Edge adalah salah satu Browser buatan Microsoft, browser ini baru-baru hadir di Windows 10. Karena di versi windows-windows versi sebelumnya, sepertinya browser ini tidak dihadirkan oleh pihak Microsoft.

Dan dengan hadirnya Microsoft Edge, kemungkinan kalian bakalan bingung dengan mesin pencari defaultnya. Karena di Microsoft Edge, Microsoft akan menggunakan Bing sebagai mesin pencari defaultnya, dan mesin pencari ini sifatnya permanen, tidak dapat dihapus, namun dapat diubah.

Kenapa tidak dapat dihapus?

Kemungkinan kita bakal bingung ketika hendak menghapus Bing, karena ia tidak bisa dihapus secara permanen. Kenapa demikian? karena Bing adalah mesin pencari buatan Microsoft juga, jadi sangat wajar kalau Bing tidak bisa dihapus karena kedua produk tersebut sama-sama milik Microsoft.

Perbedaan Bing dan Google

Walaupun mereka mempunya fungsi yang sama, sebenarnya mereka berbeda, salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah hasil pencarian yang ditampilkannya. Google lebih relevan dalam menampilkan hasil pencariannya, sedangkan Bing saya rasa ada yang kurang, alias hasil pencariannya kalah sama google.

Selain itu, Google lebih populer dan juga lebih mudah dikenali oleh user-user baru, karena rata-rata user baru biasanya hanya kenal dengan Google, tidak jarang Google juga bisa menjadi kebiasaan masyarakat diluar internet.

Semisal, kalau kita tanya sesuatu pada teman, kemungkinan mereka bakal menjawab: " Coba kamu Googling saja " bukan " Coba kamu Bingling saja ".

Tapi meskipun Bing tidak sepopuler Google, bukan berarti Bing lebih jelek dibandingkan dengan Google, tapi karena kita sudah kebiasaan dengan fasilitas Google, sehingga akhirnya tetap memilih Google meskipun ada mesin pencari yang lain.

Dan jika kalian bingung dengan cara mengubah search engine default ini, berikut adalah langkahnya.

Cara Mengubah Search Engine Default Microsoft Edge dengan Google

Jika kita membuka pengaturan untuk yang pertama kalinya, kemungkinan kita tidak bisa mengubahnya. Yang, ada kita hanya dapat menggunakan mesin pencari seperti Bing.

Apalagi jika kita baru saja menginstal Browser Windows 10, maka jangan terburu-buru buat menambahkan mesin pencari seperti Google, karena pilihan Google tidak akan pernah ada sebelum anda mengunjungi situs Google.

Sehingga langkah yang benar adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Google, ketikkan di address browser anda (www.google.com).
2. Setelah halaman Google tampil, sekarang buka pengaturan Microsoft Edge, klik icon titik tiga disebelah kanan atas layar.


3. Pilih Pengaturan.


4. Kemudian buka pengaturan lainnya/pengaturan lanjutan.


5. Pada menu privasi dan layanan, pilih ubah mesin pencari.


6. Silahkan pilih Google, kemudian Tetapkan sebagai default.

Sekarang anda sudah bisa menggunakan Google sebagai salah satu mesin pencari default anda.

Silahkan ketikkan apa saja di address bar dengan kata kunci yang ingin anda cari, bukan alamat web, tapi kata kunci yang dicari, setelahnya telusuri kata kuncinya dan taraaa, sekarang sudah tampil halaman google.

Jika kalian ingin menambahkan mesin pencarian yang lain selain Google, kalian tinggal ikuti langkah-langkah seperti diatas, dan ganti Google dengan mesin pencari lainnya.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengubah Pengaturan Mesin Pencari Default di Microsoft Edge"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel