Beberapa Poin Penting Agar Laptop Kamu Tidak Cepat Rusak


Memiliki laptop yang awet alias tidak cepat rusak adalah impian kita bersama, pasalnya, laptop adalah barang yang mahal. Kalau barangnya mahal, lantas apa yang harus kita lakukan? ya menjaganya lah.

Kan sayang banget, punya barang-barang mahal tapi ujung-ujungnya rusak, alias nggak bisa dipakai lagi.

Beberapa diantara kamu mungkin pernah mengalami masalah serupa seperti saya, yaitu seringkali menggunakan laptop hingga ia cepat rusak.

Rusaknya bukan hanya karena sering dipakai, tapi juga karena beberapa hal berikut ini:

1. Terlalu Lama Ngecas

Jika baterai laptop kamu hanya bisa menampung pengisian selama 5 jam, lantas apa yang terjadi jika kamu mengisi baterai laptop kamu hingga lebih dari 5 jam? tentu akan ada kerusakan yang terjadi pada baterai.

Sebagai contohnya baterai kamu bakalan melembung, kalau sudah melembung berarti umur baterai kamu semakin berkurang.

Bukannya tahan lama karena terlalu lama ngecas tapi justru terjadi sebaliknya.

2. Sering Memainkan Game Berat

Mungkin kita setuju, bahwa game adalah sarana penghibur dikala kita sedang bosan. Tapi masalahnya apakah mesin laptop kita setuju, jika kita memainkan game ini secara terus menerus?

Kalau memainkannya cuma sekali atau dua kali dalam seminggu sih mungkin tidak masalah.

3. Terlalu Banyak Colokan di Laptop

Yang saya maksudkan disini adalah colokan yang tidak penting, misalnya colokan keyboard, mouse, kipas angin, dan berbagai macam colokan lainnya.

Kenapa saya katakan colokan semacam itu tidak penting? karena sejatinya, colokan USB seperti keyboard dan mouse hanya berlaku untuk perangkat PC, sedangkan laptop sudah punya navigasinya tersendiri. Kalau kipas angin buat laptop boleh-boleh saja, tapi saya saranin jangan dicolokin di laptop, tapi colokin aja melalui kepala charger yang menggunakan USB, kemudian hubungkan ke stopkontak.

4. Menaruh Laptop diatas Kasur/Alas Empuk

Apabila kita menaruh laptop kita diatas alas yang empuk atau kasur, maka kita sudah melakukan kesalahan yang besar, pasalnya laptop kita bakalan cepat panas dari biasanya. Kenapa? karena lubang angin yang seharusnya terbuka malah menjadi tertutup.

Alhasil panasnya mesin laptop tidak jadi dikeluarkan, tapi malah terkumpul menjadi satu didalam mesin. Sehingga menyebabkan laptop kamu menjadi cepat panas.

5. Laptop kamu tidak pernah terawat

Dalam satu minggu berapa kali kamu membersihkan laptop kamu dari debu dan kotoran? Nah, buat kamu yang jarang membersihkan laptop kamu, sebaiknya mulai sekarang bersihkan laptop kamu secara rutin.

Baik itu layar, keyboard, body, dan sebagainya. Karena biasany debu atau kotoran tersebut bakalan tersedot kedalam mesin dan mengenai kipas laptop kamu. Akibatnya, kipas laptop kamu bakalan cepat rusak.

Kenapa saya bilang begitu? karena saya sudah mengalaminya sendiri, tapi khusus buat kamu yang menempatkan laptop kamu ditempat yang aman seperti tas, lemari, kamu juga harus membersihkan tempat kamu menyimpan laptop.

Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat buat kamu

  • Jangan taruh laptop kamu ditempat yang kotor.
  • Jauhkan layar laptop kamu dari sinar matahari.
  • Bersihkan laptop secara rutin meskipun tidak digunakan.
  • Gunakan laptop kamu seperlunya.
  • Isi baterai laptop kamu secukupnya, kalau mau tidur, mendingan gak usah dicas daripada nanti dicas terus ketiduran.

Kalau masalah diatas merupakan masalah yang bisa menyebabkan hardware laptop kamu menjadi cepat rusak, berikut ini saya juga akan memaparkan resiko penyebab rusaknya perangkat lunak kamu (sistem operasi).

1. Tidak Pernah Memindah Virus

Sebenarnya tidak ada masalah jika kita tidak pernah memindai virus, alias scan antivirus. Karena saya juga demikian, tapi hal seperti ini tidak akan menjamin laptop kamu bebas dari virus.

Apalagi kamu sering browsing, download, dan mengeksekusi aplikasi dari internet. Aplikasi yang dishare di internet juga nggak menjamin, pasalnya banyak sekali aplikasi-aplikasi palsu yang menyerupai aplikasi yang hendak kita download. Sehingga jika kita salah download, bukannya puas malah bikin sistem operasinya menjadi rusak.

2. Menginstal Software Bajakan

Software bajakan mempunyai resiko yang sangat tinggi dan sangat rentan dengan sistem keamanan laptop kamu, pasalnya kita semua tidak bisa menjamin bahwa software hasil crack atau bajakan dapat menjamin keamanan sistem. Bisa saja yang membuat crack mempunyai tujuan tertentu, jadi untuk keamanannya, lebih baik pakai software gratisan atau beli software aslinya.

Jika di Windows kamu sering menemukan perangkat lunak bajakan, maka saya sarankan buat kamu yang pengen menghindari perangkat lunak bajakan, yaitu dengan migrasi ke sistem operasi linux. Sistem operasi ini tersedia secara gratis dan opensource.

3. Sering Mengeksekusi Software Tidak Dikenal

Sama seperti pada poin sebelumnya, bedanya terletak pada masalah lisensi, tapi software tidak dikenal juga menyangkut masalah keamanan. Pasalnya, jika kamu tidak mengenal dengan situs tempat kamu mendownload aplikasi, apakah kamu langsung percaya bahwa aplikasi yang kamu download benar-benar aman?

Tidak ada pengguna yang bisa menjamin, kalau aplikasi tersebut belum dicoba dulu. Tapi dengan cara mencoba dulu, itu bisa dianggap sebagai taruhan, jika aman maka kita bisa menikmati aplikasinya, tapi jika ia ternyata adalah malware, kita harus mencopot atau menscan, kalau virus sudah nyebar, terpaksa kita harus instal ulang komputer.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Poin Penting Agar Laptop Kamu Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel