Panduan Menggunakan BIOS Utility 304 Untuk Pemula (ASUS A456U)

Seperti yang kita tahu, tidak semua laptop memiliki cara dan langkah yang sama untuk masuk kedalam BIOS. Ada yang cukup menekan tombol DEL berkali-kali, ada yang cukup menekan tombol F2 berkali-kali, dan masih banyak lagi cara yang berbeda-beda.

masuk bios utility versi 304 untuk asus

Terkadang dengan adanya perbedaan ini, membuat setiap orang yang memiliki laptop dengan merek tertentu bingung dengan laptop mereka sendiri, maksudnya mereka tidak tahu bagaimana cara masuk ke Mode BIOS untuk laptopnya sendiri.

Padahal mereka sangat ingin sekali menginstal sistem operasi, tapi sayangnya mereka tidak tahu caranya masuk kedalam BIOS. Biasanya ini terjadi kepada pengguna-pengguna awam yang masih baru belajar ilmu komputer.

Meskipun baru belajar, ada kemungkinan mereka bisa mengoperasikannya sendiri.


Apa itu BIOS?


Sebelum praktek dengan menginstal sistem operasi, ada baiknya kita kenalan dulu dengan BIOS.

Khusus yang belum kenal, kalau sudah kenal dengan BIOS, silahkan lewati, tapi kalau mau membaca juga boleh, hehe.

BIOS adalah mode dimana laptop kita masuk kedalam mode pemulihan. Di Mode ini, Laptop kita sebenarnya tidak dalam keadaan menyala, maksud dari tidak menyala disini ialah dalam artian tidak masuk kedalam sistem operasi yang kita gunakan.

Di Mode BIOS ini kita bisa melakukan penghapusan, penginstalan, serta pemulihan terhadap sistem operasi yang digunakan.

Jika kalian memiliki ponsel android, ada kemungkinan kalian kenal dengan mode recovery pada android, mode recovery ini hampir sama dengan mode BIOS yang ada pada laptop kita, yaitu sama-sama memiliki fungsi untuk menghapus, menginstal, dan memulihkan sistem operasi.

Di Mode BIOS ini, kita juga harus ekstra hati-hati

Pasalnya, BIOS bukanlah sistem operasi yang kita gunakan, ia terpisah dari sistem operasi, yang artinya tidak ada sangkut pautnya dengan sistem operasi yang kita gunakan. Ketika BIOS dijalankan, tugas dia hanya menginstal, memulihkan, atau menghapus.

Jika anda tidak memiliki sistem operasi yang terinstal, BIOS masih tetap bisa dijalankan. Karena alasan inilah kenapa banyak orang yang tidak takut untuk instal ulang, terlebih lagi jika komputer mereka mengalami masalah yang hanya terjadi pada sistem operasi mereka.

Misalnya, ketika komputer salah seorang pengguna terkena virus terinfeksi, mereka dengan gampangnya menjawab "tenang, nanti bisa instal ulang, sekarang dicoba masuk ke Mode BIOS dulu"

Karena sangking gampangnya penggunaan BIOS dan dapat beroperasi dengan mudah, tidak jarang para mahasiswa maupun siswa yang baru belajar ilmu komputer pasti bisa mengoperasikan BIOS.

Kenapa saya menyebut, di BIOS kita harus hati-hati?

Karena jika kita salah dalam penggunaan BIOS, maka Harddisk atau alat penyimpanan yang terhubung dengannya akan menjadi taruhannya. Misalnya terlalu sering bergonta-ganti sistem operasi atau crash saat instalasi, biasanya terjadi saat kita mencabut alat instalasi baik DVD/Flashdisk, maupun DVD Eksternal.

Selain itu, salah mengoperasikan BIOS juga dapat menyebabkan gagalnya penginstalan sistem operasi. Jadi, sebelum mengoperasikan BIOS, hendaknya kita bertanya pada ahli, atau sering-sering lah searching di Google tentang BIOS.

Masuk Ke BIOS

Setelah mengetahui tentang BIOS, apa yang harus kita lakukan? Jika anda sudah tahu dengan Apa itu BIOS, maka langkah selanjutnya adalah masuk kedalam BIOS.

Setiap laptop dan komputer mempunyai cara yang berbeda-beda dalam masuk kedalam BIOS, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya.

Dalam hal ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara masuk kedalam BIOS untuk Laptop Asus A456U. Untuk merek Laptop lain mungkin anda bisa menyesuaikan.

Langkah Masuk kedalam BIOS untuk Asus A456U

Ketika selesai menekan tombol power pada laptop, tunggulah hingga muncul Logo Asus pada layar.

Jika sudah ada tampilan logo asus, bersegeralah menekan tombol F2 berkali-kali hingga anda masuk kedalam tampilan BIOS.

Apabila niat anda untuk masuk kedalam BIOS adalah untuk menginstal sistem operasi, maka saya sarankan untuk menghubungkan alat instalasi anda (Flashdisk, DVD Installer, DVD Eksternal+DVD Installer) sebelum anda masuk kedalam BIOS.

Setelah anda masuk kedalam BIOS, lakukan apa saja yang anda inginkan, anda bisa menginstal, menghapus, atau memulihkan laptop anda.

Belajar BIOS memang sangat mudah dalam hal teori, tapi dalam mempraktekkannya terkadang banyak orang yang sempat bingung, ini tombol apa?, ini menu apa?, dan ini untuk apa?, dan masih banyak pertanyaan lainnya karena memang banyak sekali pilihan yang terdapat didalam BIOS.

Saya juga pernah bingung sebelumnya saat awal memiliki laptop ASUS ini, namun setelah dipelajari, akhirnya saya tahu dengan cara penggunaan BIOS ini.

Ingat.. Biasanya setiap laptop memiliki versi BIOS yang berbeda-beda, dalam hal ini saya menggunakan Asus BIOS Utility versi 304. Seperti inilah tampilan BIOS pada Laptop saya.



Jika BIOS anda sama seperti BIOS diatas dan anda belum mengerti bagaimana cara menggunakan BIOS seperti diatas, maka jangan khawatir, disini saya mencoba membagikan ilmu yang saya miliki.

Namun sebelum melanjutkan, pastikan BIOS anda tidak jauh beda dengan saya, kalau tidak sama mungkin anda akan kesulitan, sehingga saya tidak menyarankan anda untuk mengikuti panduan ini, kecuali ada orang lain yang memandu anda.

Menginstal Sistem Operasi Menggunakan BIOS Utility 304

Pastikan sebelumnya anda sudah memasukkan alat untuk instalasi sistem operasi anda. Dalam hal ini saya sedang menggunakan Flashdisk untuk menginstal Sistem Operasi.

Flashdisk yang saya gunakan untuk instalasi ini sebelumya sudah saya jadikan Bootable dan sudah saya isi dengan file installer, sehingga saya tinggal mencolokkannya ke laptop saya.

Ada dua cara untuk menjalankan bootable dari Flashdisk ke BIOS

Cara Pertama
  • Pada Menu Boot Priority seperti dibawah ini, silahkan geser posisi flashdisk anda ke yang paling atas. Gunanya adalah untuk menjadikan flashdisk anda sebagai booting yang diprioritaskan.
  • Setelah menjadikan flashdisk sebagai boot priority, silahkan tekan F10 atau klik menu Save dan Exit.

Cara Kedua
  • Silahkan tekan F8 pada keyboard atau masuk secara manual ke Boot Menu.
  • Setelah muncul tampilan Boot Menu, pilih Flashdisk yang anda jadikan sebagai Bootable, secara otomatis anda akan mulai masuk ke tahap penginstalan sistem operasi.

Selanjutnya Lakukan penginstalan sistem operasi seperti biasanya.

Saya harap anda sudah paham sampai disini, dan untuk langkah-langkah cara penginstalan sistem operasi, silahkan request dikolom komentar.

Selain itu, sebelum merequest penginstal sistem operasi diharapkan anda menberikan secata detail sistem operasi apa saja yang ingin saya praktekkan dan saya posting sebagai tutorial.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Menggunakan BIOS Utility 304 Untuk Pemula (ASUS A456U)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel