Bagaimana Cara Developer Linux Mendapatkan Uang?

Mungkin ini bisa disebut sebagai pertanyaan yang sangat menarik, pasalnya jika linux itu sendiri adalah sistem operasi gratisan, lantas bagaimana cara pihak developer linux itu sendiri mendapatkan uang?

linux developer earn money

Sedangkan untuk pekerjaan yang harus mereka kerjakan seperti programming, desainer, dan lain sebagainyal membutuhkan uang yang jumlahnya cukup banyak. Tentu sangat tidak masuk akal, jika para programmer linux mau bekerja dalam waktu yang lama tanpa harus dibayar.

Mereka adalah manusia yang butuh makan, butuh minum, butuh uang, dan butuh kelengkapan alat-alat programming dan desainer lainnya seperti komputer dan berbagai macam software berbayar jika mereka membelinya.

Apalagi partner yang bekerja sama dalam pengembangan linux ini jumlahnya cukup banyak.

Nah, untuk membahas masalah tersebut, sebenarnya pertanyaan ini sama seperti bagaimana cara Pihak Facebook, Instagram, dan Google bisa kaya mendapatkan ribuan dollar? sedangkan aplikasi dan layanan mereka tersedia secara gratis, bahkan dipakai oleh ratusan juta bahkan miliaran pengguna dari seluruh dunia.

Jawabannya adalah dari iklan, karena dari Iklanlah mereka bisa mendapatkan penghasilan yang berlimpah. Tapi di Linux kan tidak ada iklan?

Oke, sekarang kita akan menjelaskan satu persatu ya, menurut pemantauan saya, mereka mempunyai dua cara untuk mendapatkan uang.

Mereka Mendapatkan Uang dari Iklan Situs Web

Memang di linux itu sendiri tidak terdapat satu pun iklan didalamnya, karena sebagai pihak developer, linux tahu akan kebutuhan penggunanya dan linux juga sudah tahu bahwa kebanyakan pengguna tidak suka dengan iklan.

Bahkan akhir-akhir ini banyak sekali perusahaan browser yang menawarkan fitur Adblock atau fitur pemblokir iklan saat menjelajah situs web. Untuk aplikasi browser ini tentunya saya anggap anda sudah tahu.

Dengan tidak menampilkan iklan di sistem operasinya, bukan berarti developer linux mint tidak mendapatkan uang sama sekali, tapi justru pihak developer linux mendapatkan yang lebih banyak dari yang anda bayangkan.

Karena mereka begitu digemari, tidak jarang kita melihat iklan di situs web resminya. Iklan di situs web itulah yang menjadi sumber pendapatan utama dari pemilik situs web alias developer linux mint itu sendiri.

Mereka Mendapatkan Uang dari Donasi yang mereka terima dari pengguna

Donasi merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih seorang pengguna kepada pihak developer. Donasi itu sendiri sifatnya tidak menagih, alias tidak wajib, karena donasi hanyalah diperuntukkan bagi mereka yang mau menyisihkan uang mereka untuk diberikan kepada pihak developer yang mau mengembangkan sistem operasi ini secara gratis.

Jika anda ingin berdonasi, anda tidak harus mengeluarkan sejumlah uang minimal yang harus anda bayarkan, tetapi cukup keluarkan uang yang anda sendiri ikhlas jika anda memberikannya, dan jangan pernah merasa terpaksa ketika memberikan donasi. Pihak developer linux mint tidak pernah memaksa anda untuk memberikan donasi kepada mereka.

Pihak developer linux mint bahkan merasa senang jika anda menggunakan sistem operasi mereka walaupun anda tidak memberikan donasi kepada mereka, jika anda melihat layar selamat datang di linux mint, anda akan melihat popup pesan dari mereka yang menyatakan bahwa mereka sangat berharap anda menikmati sistem operasi ini sama seperti saat mereka merancangnya.

Dengan cara memberikan donasi kepada mereka berarti anda sudah mendukung mereka dalam pengembangan ini.

Apakah ada cara lain bagi pihak developer linux untuk mendapatkan uang?

Sebenarnya saya hanya mengetahui dua hal yang saya sebutkan diatas, selain donasi dan iklan yang sudah saya sebutkan, saya tidak tahu lagi bagaimana cara pihak developer linux bisa mendapatkan uang.

Mungkin selain berprofesi sebagai progammer, mereka juga mempunyai profesi lainnya seperti membuka jasa-jasa di internet, sehingga pendapatan yang mereka terima tidak sepenuhnya berasal dari iklan dan donasi semata.

Tapi mereka juga punya cara lain untuk menghasilkan uang, bahkan lebih banyak dari yang mereka dapatkan saat mengembangkan linux.

Apakah untuk kedepannya linux mint bakal berubah menjadi linux yang berbayar?

Saya rasa ini tidak akan terjadi, karena linux merupakan sistem operasi yang gratis dan opensource, gratis dan tidak akan pernah dijual, dan open source yang artinya, linux dapat dengan mudah dimodifikasi oleh para penggunanya yang paham dengan kode programmer.

Jika linux berubah menjadi sistem operasi berbayar, besar kemungkinan bagi para penggunanya untuk lebih memilih untuk membajaknya, seperti yang terjadi pada sistem operasi terbesar yang saat ini digunakan oleh banyak pengguna komputer, siapa lagi kalau bukan Windows.

Linux merupakan alternatif bagi para pecinta sistem operasi yang tidak ingin atau tidak mampu membeli sistem operasi berbayar seperti Windows. Jika anda tidak mampu membeli sistem operasi berbayar, janganlah kalian berkecil hati, karena linux tersedia secara gratis bahkan untuk fiturnya tidak kalah canggih seperti sistem operasi berbayar lainnya.

Sistem operasi ini bahkan menjadi pilihan para progammer yang ingin bekerja, bukan karena mereka tidak punya uang atau tidak ingin menggunakan Windows, tetapi mereka hanya ingin leluasa dalam mengembangkan sesuatu, termasuk mengembangkan software dan mengembangkan linux itu sendiri.

Nah sekarang anda sudah tahu kan inti dari postingan ini, saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi, karena penjelasan diatas saya rasa sudah cukup. Intinya mereka tetap mendapatkan uang, walaupun pada dasarnya mereka tidak dibayar oleh para pengguna mereka.

Demikian semoga pertanyaan mengenai " Bagaimana Cara Developer Linux Mendapatkan Uang?  " semoga postingan ini bisa menjawabnya.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Developer Linux Mendapatkan Uang?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel