Akhirnya Linux Mint 19 "Tara" Kini Sudah Released

Bagi para penggemar linux, ada kabar gembira nih buat kalian, sekarang linux mint versi 19 "Tara" sudah mulai dirilis loh. Tepatnya pada tanggal 29 juni 2018 lalu, linux mint secara resmi mengumumkan melalui blognya bahwa linux mint 19 kini sudah sepenuhnya released.

tampilan desktop linux mint 19 tara

Beberapa hari sebelum linux ini dirilis, sebenarnya pihak developer linux mint sudah mengeluarkan versi yang masih dalam tahap percobaan atau bisa juga disebut sebagai versi beta. Sebenarnya di versi tersebut, linux mint sudah memperlihatkan beberapa preview sistem operasinya sebelum ia dirilis sepenuhnya kepada publik.

Versi yang sebelumnya masih dalam keadaan beta tersebut belum memungkinkan untuk dicoba oleh publik, pasalnya beberapa bug lain mungkin bisa ditemukan di versi beta ini, oleh sebabnya sebelum pihak developer mengumumkan untuk mereleased, mereka terlebih dulu mengeluarkan versi betanya dengan harapan semoga ada yang memberitahu ketika menemukan bug pada versi beta ini, sehingga pihak developer bisa memperbaikinya.

Tapi pada hari ini, anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencicipi versi linux terbaru ini, karena statusnya sudah released. Yang artinya, sangat kecil kemungkinan kita untuk menemukan bug lain setelah dikeluarkannya versi released ini.

Apa yang baru di Linux Mint 19 "Tara" ?

Jika kalian mendownload versi linux ini, tentu kalian akan mendapati beberapa perubahan seperti penambahan aplikasi, penambahan fitur, serta pengoptimalan terhadap sistem operasi yang kita gunakan.

Tapi, perubahan yang paling menonjol menurut saya yaitu terletak pada tampilan antarmuka linux. Untuk perubahan lainnya sebenarnya tidak begitu banyak.

Di pembaruan ini, anda tidak perlu khawatir, apakah pembaruan ini akan memberatkan kinerja PC/Laptop anda? Jawabannya adalah tidak, meskipun linux mint ini diperbarui dari waktu ke waktu, tapi di pembaruan ini tidak akan memberatkan linux itu sendiri, alias linux ini akan tetap enteng. Bahkan untuk beberapa spesifikasi komputer kecil sekalipun.

Kalau terasa berat atau apalah setelah menggunakan linux ini secara beberapa hari, maka yang perlu ditanyakan kembali adalah aplikasi apa saja yang pernah anda instal sebelumnya, atau berapa banyak proses yang berjalan dilatar belakang komputer anda saat ini?

Mengupdate Linux Mint 18.3 Sylvia Ke Linux Mint 19 Tara Tanpa Instal Ulang

Untuk mendownload linux mint versi terbaru, tentunya anda harus mengunjungi situs resminya terlebih dahulu. Jika anda tidak ingin mengunduh linux mint versi terbaru, namun sangat ingin mencicipi linux versi terbaru, maka jawabannya adalah mengupdate versi linux anda saat ini dengan cara mengupdatenya melalui terminal.

Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk mencicipi versi selanjutnya tanpa harus instal ulang:

Catatan: Langkah ini bisa dibilang langkah cukup beresiko karena memakai cara manual, meskipun begitu tidak ada salahnya untuk mencoba.

  • Silahkan Masuk ke Aplikasi Manager Update.
  • Perbarui Cache Apt dengan cara mengklik tombol refresh di Update Manager.
  • Selanjutnya, aktifkan unlimited scrolling anda dengan cara klik Edit, kemudian pilih Preference, kemudian pilih Scrolling, lalu pilih Unlimited.


Langkah selanjutnya, silahkan instal perkakas update dengan cara ketikkan perintah dibawah ini di terminal:

$ apt install mintupgrade

Sekarang jalankan simulasi pemutakhiran dengan ketik perintah:

$ mintupgrade check

Jika perintah diatas menunjukkan output yang baik, silahkan lanjutkan dengan ketik perintah:

$ mintupgrade download

Kemudian lanjutkan dengan ketikan perintah dibawah ini, setelah proses downloag package selesai:

$ mintupgrade upgrade

Silahkan tunggu sampai proses upgrade berhasil.

Untuk membaca sumbernya langsung, anda bisa membaca panduannya dari blog linux mint.

Langkah diatas bisa dicoba untuk mengupdate ke linux mint 19 tara, meskipun cara diatas sebenarnya hanya untuk pengguna yang ingin update ke linux mint 18.3 sylvia.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Manager Update/Terminal

Tentunya dengan cara seperti ini, anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

1. Kuota Internet Anda Tetap Hemat

Karena saat melakukan update, anda tidak harus mengunduh keseluruhan file system, melainkan anda hanya mengunduh beberapa pembaruan yang menyangkut versi terbaru dari linux mint, yaitu versi 19 tara.

2. Tanpa Perlu Instal Ulang

Sekarang sudah tidak ada jamannya lagi melakukan penginstalan sistem operasi yang lama lalu menggantinya dengan versi yang paling baru, karena setiap sistem operasi pasti dibekali dengan fitur update. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan fitur serta layanan tanpa harus instal ulang komputer.

3. Tidak Perlu Download File ISO nya Secara Utuh

Banyangkan jika setiap kali anda ingin melakukan update, anda harus mendownload file isonya secara utuh. Pasti tidak akan ada banyak orang yang mau mencicipi ini, yang ada kebanyakan dari pengguna akan lebih memilih untuk menggunakan versi lama yang saat ini mereka gunakan daripada mendownload versi terbarunya.

Karena tidak semua pengguna memiliki kuota yang banyak, banyak diantara mereka yang menggunakan kuota minim bahkan terkadang menggantungkannya ke jaringan wifi jika mereka ingin mendownload file besar.

Mendownload Linux Mint 19 Tara dari Situs Resmi

Silahkan kunjungi situs resmi linux mint untuk mendownload pembaruan ini secara langsung, jangan download dari situs lain kecuali dari situs resminya, kecuali anda sudah kenal dengan situs yang anda kunjungi.

Jika tidak, dikhawatirkan ada malware yang diselipkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawan.

Oleh karenanya silahkan download linux mint hanya melalui situs www.linuxmint.com

1. Kunjungi situs tersebut, setelah itu klik Menu Download.
2. Silahkan pilih Desktop yang anda sukai, ada beberapa pilihan Desktop seperti Cinnamon, Xfce, dan Mate. Pilih sesuai selera anda.
3. Pilih 32 Bit atau 64 Bit, sesuaikan dengan spek laptop anda, kemudian pilih download melalui link download mirror EvoWise.

Setelah didownload, silahkan lakukan penginstalan seperti biasanya, jika anda tidak mengerti bagaimana cara menginstal linux, silahkan baca artikel Panduan Instalasi Linux Mint.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akhirnya Linux Mint 19 "Tara" Kini Sudah Released"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel