Pengalaman Pertama Kali Menggunakan Linux

Setelah sekian lama menggunakan windows pada komputer yang saya miliki, akhirnya saya memutuskan untuk pindah total ke sistem operasi open source yang bernama linux. Mengapa saya migrasi dari Windows ke Linux? karena selama ini saya menggunakan Windows bajakan beserta sotware-software didalamnya.

Dari dulu saya memang tidak pernah tahu bahwa ada sistem operasi lain selain dari Windows, karenai sejak pertama kali membeli laptop, laptop saya sudah diinstalkan Sistem Operasi Windows bajakan oleh distributornya.

Namun apa daya dulu saya memang sangatlah gaptek dan tidak mengerti ilmu komputer, sehingga ketika ada masalah yang terkait dengan Windows yang saya pakai, saya menganggap komputer tersebut sudah mulai ada tanda-tanda kerusakan.


Pengalaman Selama 5 Tahun Menggunakan Windows Bajakan

Berawal saya menggunakan sistem operasi windows bajakan sampai pada akhirnya sudah benar-benar tobat, saya pernah menemukan banyak masalah yang terkait dengan windows bajakan yang saya pakai.

Mulai dari munculnya berbagai macam virus sehingga mengharuskan saya untuk menginstal ulang komputer saya, namun saya malah membawa komputer saya ke salah satu tukang service komputer, yang benar saja ternyata toko service yang saya kunjungi juga menggunakan windows bajakan.

Ada apa dengan dunia ini? Mengapa tidak pernah ada yang terpikir untuk berpindah ke sistem operasi lain selain windows namun juga gratis?

Ternyata banyak dari mereka juga tidak tahu, yang mereka tahu adalah setiap komputer harus menggunakan Windows, baik Windows XP, Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10.

Rasanya sungguh berdosa ketika harus menggunakan sistem operasi ini, karena pada dasarnya komputer yang kita pakai adalah komputer untuk melakukan sebuah pekerjaan, jika saya menggunakan komputer ini untuk suatu pekerjaan, berarti hasil kerja yang saya terima tidak sepenuhnya berkah, karena saya tidak memiliki lisensi sebagai tanda bukti bahwa saya membeli windows original.

Mengenal Sistem Operasi Lain Selain Windows

Jujur selama ini saya tidak pernah tahu, bahwa saya menggunakan software-software bajakan termasuk sistem operasinya. Kiranya sistem operasi yang saya pakai merupakan sistem operasi default milik komputer saya, ternyata tidak demikian.

Sehingga setelah 5 tahun berjalan menggunakan windows bajakan, saya dikenalkan oleh salah satu sistem operasi yang tidak kalah menariknya dengan windows, yaitu Linux. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi gratis dan open source, serta diperuntukkan bagi mereka yang ingin menggunakan sistem operasi gratis tanpa biaya sepeser pun.

Berbeda halnya ketika menggunakan sistem operasi bajakan, anda mungkin tidak pernah tahu bahwa diluar sana mungkin pernah ada razia sistem operasi dari pemgembang, contohnya ketika kita hendak pergi keluar negeri, mungkin pernah ada yang ketahuan memakai Windows bajakan, sehingga dikenakan denda oleh orang-orang Microsoft.

Jika kita menggunakan Sistem Operasi Gratis dan Open Source, salah satunya yaitu Linux, tentu kita akan aman, selain aman kita tidak perlu ditakutkan dengan masalah-masalah hukum lainnya.

Linux Itu open source dan bebas dimodifikasi, karena pada dasarnya sistem operasi ini memang diperuntukkan untuk orang-orang yang ingin menggunakan sistem operasi gratisan tanpa terkena masalah. Berbeda dengan Sistem Operasi Windows yang bersifat tertutup, artinya anda tidak diperbolehkan untuk memodifikasi sistem operasi tersebut, jika dilakukan maka akan terjadi crash sehingga komputer anda harus diinstal kembali.

Pengalaman Menggunakan Linux untuk yang pertama kali

Bagi anda yang baru pertama kali ingin memakai linux maka saya sarankan anda menggunakan Distribusi dari Linux Mint, karena tampilan dari Linux ini tidak jauh beda dengan Windows yang kita pakai dalam keseharian kita.

Saat saya pertama kali melakukan penginstalan Linux Mint, saya mendapati, ternyata linux mint tidak kalah menarik dengan sistem operasi lain, salah satu yang paling menonjol adalah kecepatan linux itu sendiri.

Sama hal nya seperti kita memakai ponsel android, begitulah kecepatan akses pada linux, dan setahu saya, linux juga tidak membutuhkan komputer high spek, sehingga anda dapat menginstal linux ke semua komputer anda yang memiliki low spek.

Ketika saya melakukan penginstalan Linux, jujur saya tidak langsung full instal melainkan instal dual boot dengan Windows, karena saya sempat ragu dan ini adalah pertama kalinya saya menggunakan sistem operasi lain selain Windows.

Setelah proses instalasi dualboot berhasil, saya coba memakai linux untuk beberapa hari kemudian pada akhirnya saya putuskan untuk melakukan full instalasi linux pada komputer saya.

Pakai Linux itu Hemat Baterai Laptop

Saya sudah membandingkn ketika saya menggunakan sistem operasi Windows, ternyata Linux jauh lebih awet baterainya, bukan hanya awet pada baterai namun juga awet pada kinerja komputer kita.

Beberapa hari sebelum menggunakan linux, jujur baterai laptop saya tidak seperti pada sebelum menggunakan linux, karena kinerja linux sangat minim jadi ya wajar saja baterai laptop saya jadi awet.

Linux Itu Bebas Virus

Tidak sedikit dari mereka yang tahu tentang hal ini, sebenarnya ponsel android yang kita pakai dalam keseharian kita merupakan ponsel berbasis sistem operasi linux. Nah, pernahkah ponsel kalian terkena virus ketika melakukan browsing di internet? jika pernah mungkin kemungkinannya sangat kecil, karena sistem operasi ini keamanannya sangat kuat, sehingga virus akan sangat sulit untuk masuk.

Seperti itulah linux yang kita pakai di komputer kita, alih-alih terinfeksi virus, tanpa antivirus pun komputer kita masih tetap aman.

Saatnya beralih Ke Sistem Operasi Gratis

Untuk kamu yang sedang menggunakan sistem operasi bajakan seperti Windows, sudah saatnya anda beralih ke sistem operasi gratis dan open source seperti linux, karena di linux anda tidak hanya mendapatkan segudang aplikasi bawaan secara gratis, namun anda juga tidak akan repot seperti pada sistem operasi windows bajakan anda.

Yaitu repot-repot menginstal driver setelah instalasi sistem operasi, dilinux anda tidak perlu melakukan hal demikian. Bahkan anda juga tidak perlu melakukan restart pada komputer setelah menginstal sebuah aplikasi, beda dengan sistem operasi lainnya, linux bisa langsung kita pakai tanpa restart setelah anda melakukan instalasi aplikasi.

Itulah pengalaman saya ketika mengggunaka linux mint, jika anda mempunyai pengalaman yang sama seperti saya, silahkan share di komentar.

Sebenarnya tulisan ini hanya sekedar mengingatkan kepada teman-teman yang masih menggunakan sistem operasi bajakan seperti windows agar segera beralih ke sistem operasi gratis, karena secara tidak langsung kita sudah melakukan tindakan yang tidak diizinkan oleh perusahaan Microsoft karena menggunakan Sistem Operasi mereka tanpa membeli dan mendapat lisensinya.

Jika anda khawatir tidak bisa menginstal Aplikasi Windows setelah menginstal Linux maka anda tidak perlu khawatir, karena ada aplikasi pendukung seperti Wine dan PlayOnLinux yang siap membantu anda dalam melakukan penginstalan software yang support dengan Windows.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat khususnya untuk para pengguna Sistem Operasi Non Original.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Pertama Kali Menggunakan Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel