Mengatasi Grub Installation Failed Saat Menginstal Linux Mint

Setelah melalui beberapa tahap penginstalan Linux Mint pada Laptop yang saya miliki, tiba-tiba saya mendapati satu masalah yang membuat penginstalan Linux Mint saya gagal. Yaitu munculnya pesan Grub Installation Failed yang menandakan partisi boot saya tidak terinstal dengan baik.

Sudah berkali-kali, saya melakukan penginstalan ulang hingga saya harus berganti versi Desktop Linux Mint dari Cinnamon menjadi Mate Desktop, sebelumnya saya pernah mencoba menginstal Linux Mint versi Cinnamon namun pada akhirnya gagal, lalu mencoba Linux Mint Mate dan gagal lagi.

mengatasi gagal instal grub, grub installation failed

Muncullah kembali pesan Grub Installation failed, saya kira itu terletak pada masalah partisi yang sudah saya buat sebelumnya.

Ternyata setelah membuat partisi yang berbeda dengan mengikuti berbagai panduan yang ada di internet, tetap saja proses instalasi mentok pada Grub Installation Failed.

Akhirnya saya hanya bisa menikmati Layar Desktop Linux Mint menggunakan bootable flashdisk tanpa menginstalnya ke komputer.

Namun langkah yang saya lakukan tidak cukup sampai disini, saya terus mencoba untuk mengutak atik partisi pada Linux Mint saat melakukan penginstalan, karena pada saat itu saya sedang menginginkan instalasi dualboot Sistem Operasi Linux Mint berdampingan dengan Windows.

Saat proses Instalasi berjalan, kemudian proses instalasi yang saya lakukan tersebut telah berhasil. Sempat deg-degan saat proses instalasi hingga pada proses pemasangan bootloader, saya kira gagal instal grub ternyata instalasi yang saya lakukan berhasil, alhamdulillah.

Dari percobaan praktek yang saya lakukan saat menginstal Linux Mint, berikut ini adalah praktek yang saya lakukan sebelum pada akhirnya instalasi saya berhasil tanpa mengalami masalah.

Membuat 4 partisi yang mengarah ke / (root), /swap, /boot, dan /home.

Sesuai dengan tempat masing-masing direktori, saya membuat keempat partisi diatas yang mengarah ke masing-masing titik kait.

Mengaktifkan Koneksi Internet pada Saat Penginstalan

Jika sebelumnya anda selalu menonaktifkan koneksi internet pada saat penginstalan berlangsung mungkin anda bisa mencoba mengaktifkan koneksi internet anda pada saat instalasi seperti yang saya lakukan sebelumnya.

Karena berdasarkan pengalaman saya, proses penginstalan saya berhasil gara-gara saya mengaktifkan koneksi internet saat menginstal. Mungkin bisa jadi karena ada pembaruan saat proses penginstalan sehingga proses instalasi saya berhasil tanpa kendala apapun.

Dan kabar baiknya adalah langkah ini adalah langkah yang paling membuat saya yakin.

Hapus Disk dan Instal Linux Mint

Langkah ini merupakan langkah yang sangat beresiko, disarankan untuk membackup seluruh data anda sebelum melanjutkan, karena ini akan menghapus seluruh penyimpanan harddisk anda dan menginstal Linux Mint sebagai satu-satunya sistem operasi di komputer anda.

Jika Gagal saat Instalasi Linux Mint Cinnamon, Cobalah Versi Desktop Lain

Seperti Mate Desktop, Xfce, dan KDE, dalam hal in saya pernah mencoba Linux Mint Cinnamon desktop pada Laptop berprossesor Intel lalu gagal, kemudian berniat mencoba versi Mate Desktop dan proses Instalasi berhasil.

Mengunduh File Iso Linux Mint dari Situs Resmi

Ini penting, jangan pernah mendownload file ISO Linux Mint dari situs manapun kecuali dari situs resminya langsung, karena file ISO dapat dipalsukan dengan cara apapun oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Akibatnya, bukan sistem operasi lagi yang anda dapatkan melainkan perangkat lunak perusak yang dapat membahayakan komputer anda.

Ganti partisi /boot dengan partisi EFI System Partition

Jika sebelumnya anda membuat partisi Ext4 yang mengarah ke /boot lalu menemui masalah Gagal Instal Grub, cobalah untuk mengganti partisi tersebut dengan partisi EFI System Partition, jangan lupa setting partisi tersebut pada pilihan menjadi partisi utama.

Anda tidak harus mengikuti semua praktek yang saya sebutkan diatas, namun lebih tepatnya cobalah satu persatu praktek diatas dengan beurutan jika anda menemukan masalah saat menginstal Grub.

Oke selamat mencoba.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Grub Installation Failed Saat Menginstal Linux Mint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel