Panduan Dasar Mengubah Tema pada Linux Mint

Permainan mengubah tema pada linux mint sebenarnya agak susah untuk dipraktekkan para pemula, karena sistem operasi ini bersifat open source, yang artinya sistem ini dapat dimodifikasi oleh pemakainya dengan syarat pemakainya harus tahu kode sumber mana yang harus dirubah.

Tidak sekedar mengganti lalu menimpa kode yang ada, karena kode sumber di Linux mint sama halnya seperti kode sumber yang terdapat pada android dan kode ini juga sangat sensitif, jika anda salah mengaplikasikannya maka akibatnya sangat fatal.

Dimana PC/Laptop anda dapat mengalami bootloop, yaitu proses booting yang berulang-ulang karena terjadinya kesalahan sistem, namun anda tidak perlu khawatir, diluar sana banyak sekali panduan-panduan yang siap membantu anda, termasuk juga panduan dari situs gnome look beserta komunitasnya.

Situs Gnome Look merupakan situs berbagi tema antar komunitas linux, tema-tema didalamnya akan selalu diupdate setiap harinya sehingga anda tidak akan merasa jenuh dengan tema-tema anda yang sekarang, karena banyak sekali pilihan tema yang siap instal.

Jika anda butuh panduan instalasinya, berikut ini saya tulisakan beberapa panduan dasar untuk mengubah tema. Namun anda harus tahu tema apa yang ingin anda pasang, karena beda tema beda juga cara instalasinya, dalam hal ini misalnya anda ingin mengganti tema kursor mouse, maka akan berbeda cara instalasinya dengan tema-tema yang lainnya.


Merubah Tema-Tema Dasar Linux Mint Tanpa Merubah Kode Sumber

Untuk merubah tema-tema dasar sebenarnya anda tidak perlu merubah kode sumber yang ada pada sistem, karena tema-tema dasar ini merupakan tema bawaan dari sistem, sehingga anda tinggal pilih tema mana yang ingin diterapkan, sama halnya seperti anda memilih tema pada sistem operasi windows.

Buka Linux Mint Menu anda kemudian buka Pusat Pengaturan.

Pada Menu Tugas Umum, silahkan pilih Sub Menu Ganti Tema.

Sekarang anda dapat memilih berbagai macam pilihan tema yang siap anda terapkan. Tersedia lebih dari 10 tema yang bisa anda pilih, jika anda ingin mendapatkan lebih banyak tema lagi, silahkan pilih Dapatkan lebih banyak tema daring.

Anda akan diarahkan ke situs Mate Desktop, sesuai dengan Desktop yang anda gunakan sekarang, karena dalam hal ini saya sedang memakai Linux Mint Mate Desktop.

Menambah Pilihan Tema-Tema untuk Linux Mint

Pada Situs Mate Desktop silahkan pilih: GTK 2.x themes atau GTK 3.x themes.

Sekarang anda akan diarahkan ke situs gnome look, situs tempat berbagi tema, disitus ini anda dapat berbagi, memodifikasi tema yang ada, atau mendownload tema dari hasil karya orang lain.

Silahkan pilih tema sesuai dengan kategori anda, jika anda ingin mengganti tema desktop silahkan pilih GTK3 Themes atau GTK2 Themes.


Download salah satu tema pilihan anda dalam bentuk format tar gz atau zip.

Memasang Tema Desktop

Extract tema yang sudah anda download sebelumnya, kemudian letakkan folder tema tadi ke:

/usr/share/themes/disini

Silahkan buka folder themes sebagai administrator agar anda dapat memindahkan tema hasil unduhan anda, caranya buka /usr/share kemudian pada folder themes silahkan klik kanan kemudian pilih buka sebagai administrator.

Masukkan password untuk mengkonfirmasi.

Kemudian pastekan tema hasil unduhan anda ke folder themes.

Untuk memastikan apakah tema sudah terpasang dengan benar atau tidak silahkan buka menu pusat pengaturan kemudian pilih ganti tema.

Jika tema anda bertambah satu pilihan berarti anda sudah berhasil memasang tema tersebut, silahkan pilih tema tersebut untuk menggunakannya.

Mengganti Tema Cursors Mouse

Pilih kategori Cursors pada situs Gnome Look, kemudian pilih tema yang ingin diunduh. Unduh tema pilihan anda dalam bentuk format tar gz atau zip.

Extract folder tema hasil unduhan anda kemudian letakkan folder tema kursor mouse anda ke:

/usr/share/icons/disini

Pastikan anda sudah masuk sebagai mode administrator, jika belum silahkan buka menu /usr/share/ kemudian klik kanan pada folder icons kemudian pilih buka sebagai administrator.

Masukkan password anda untuk konfirmasi.

Kemudian pastekan folder tema kursor anda pada folder icons.

Sekarang saatnya mengkonfigurasi tema pilihan anda dengan cara buka menu Pusat Pengaturan kemudian pilih menu Ganti Tema.

Pada Preferensi Penampilan silahkan pilih Atur, kemudian pilih menu Penunjuk untuk mengatur pilihan Kursor Mouse anda.

Untuk Mengganti Tema Yang Lain

Selain dari tema-tema diatas silahkan sesuaikan letak folder dari tema-tema yang ingin anda pasang. Berikut ini merupakan letak folder jika anda ingin mengganti tema yang lain.

Icon Themes

Untuk menambahkan icon themes anda dapat menambahkannya pada letak folder berikut:

/home/.icons (folder tersembunyi)

Untuk menampilkan folder diatas silahkan tekan shortcut Ctrl + H kemudian pilih folder .icons

Gimp Splash Screen

Yaitu tampilan Gimp saat pertama kali dibuka, Gimp merupakan software gratis dan open source alternatif dari software photoshop.

Untuk mengganti tampilan splash screen, silahkan letakkan gambar splash image anda ke:

/usr/share/gimp/2.0/images

Letakkan gambar splashscreen anda ke folder images.

Untuk mengecek apakah sudah berubah atau tidak silahkan buka software Gimp anda.

Panduan Experimental, Mengubah Plymouth, Animasi Booting default dengan gambar kustom

Jika anda belum bisa menerapkan beberapa panduan yang sudah saya sebutkan diatas, silahkan lewati panduan experimental berikut, karena panduan ini tidak seperti panduan diatas, dimana anda harus benar-benar memahami script-script animasi booting saat masuk folder root.

Silahkan download plymouth pada situs gnome look, unduh salah satu plymouth pilihan anda.

Jika anda sudah mengunduh plymouth pilihan anda silahkan extract folder hasil unduhan anda kemudian pindahkan folder anda ke lokasi berikut:

/usr/share/plymouth/themes/disini

Agar anda mendapatkan akses sebagai administrator/super user, silahkan klik kanan pada folder themes kemudian pilih menu Buka Sebagai Administrator.

Kemudian masukkan password anda untuk konfirmasi.

Setelah anda mendapatkan akses root silahkan pastekan folder plymouth anda.

Sekarang saatnya kita setting konfigurasinya agar animasi sistem anda benar-benar menampilkan gambar yang sudah anda download tadi. Untuk mensettingnya, silahkan klik kanan pada file default.plymouth kemudian pilih Buka sebagai administrator, kemudian masukkan password root anda.

Ubah script berikut:

ImageDir=/usr/share/plymouth/themes/mint-logo
ScriptFile=/usr/share/plymouth/themes/mint-logo/mint-logo.script

Ganti script mint-logo dengan menyesuaikan nama folder plymouth yang baru saja anda letakkan. Berikut ini merupakan contoh hasil modifikasi saya setelah mengubah script diatas dengan tema lite_spinner:

ImageDir=/usr/share/plymouth/themes/lite_spinner
ScriptFile=/usr/share/plymouth/themes/lite_spinner/lite_spinner.script

Simpan hasil modifikasi anda, untuk menguji hasil modifikasinya, silahkan reboot komputer anda.

Selamat anda sudah berhasil mengganti tampilan booting anda dengan gambar kustom.

Bingung dengan script diatas?

Jangan khawatir jika anda sudah terbiasa mengotak atik script-script diatas, nanti anda akan paham dengan sendirinya, bahkan tanpa harus membaca panduan-panduan lagi.

Sebenarnya masih banyak panduan experimental yang belum saya bahas, namun kali ini saya hanya akan berbagi satu panduan experimental saja.

Demikian Semoga Panduan Dasar Mengubah Tema Pada Linux Mint ini dapat bermanfaat khususnya untuk para pemula.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Dasar Mengubah Tema pada Linux Mint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel