Cara Mengubah Default Search Engine Firefox dengan Google

Untuk yang sudah terbiasa menggunakan Yahoo Search sebagai salah satu search engine yang dipakainya, mungkin ini tidak menjadi masalah bagi anda jika anda menggunakan search engine ini di linux mint.

Karena secara default, linux mint akan menjadikan Yahoo Search sebagai salah satu search engine defaultnya. Jika anda belum terbiasa dengan search engine ini, anda dapat menggantinya melalui pengaturan yang sudah disediakan.

Anda dapat mengganti default search engine saat ini dengan search engine yang anda sukai, misalnya Google, Bing, DuckDuckGo, dan lain sebagainya.

Kalau saya pribadi lebih menyukai search engine seperti Google, karena di Google informasi yang saya dapatkan lebih lengkap dan up to date dibandingkan dengan ketika saya menggunakan search engine yang lain.


Alasan Mengapa Saya Lebih Memilih Google Search

Karena Google lebih lengkap dan lebih mengerti apa yang diinginkan penggunanya.

Untuk membuktikannya anda dapat membandingkannya dengan mengetikkan kata kunci yang sama di search engine lain selain Google, saya jamin Google lah yang lebih lengkap dan kaya akan informasinya.

Selain itu Google juga mempunyai sebuah fitur pembetulan, dimana ketika kita salah mengetikkan kata kunci di dalam kotak pencarian, maka secara otomatis Google akan membetulkan kata-kata yang salah ketik tersebut dengan menawarkan pernyataan "mungkin maksud anda adalah..." di hasil pencarian.

Tampilan Google lebih sederhana dan simpel, alias tidak banyak neko-neko.

Apabila anda berkunjung ke Google, pasti anda akan merasa betah didalamnya, itu karena anda sudah jatuh hati dengan Google dan tidak ingin menjelelajahi search engine lain selain Google.

Walaupun tampilan search engine lain jauh lebih bagus dari Google, tapi saya tetap menilai bahwa tampilan search engine inilah yang paling bagus, itu karena tampilan google sudah seperti rumah sendiri, bersih dan sederhana alias tidak banyak neko-neko.

Google Lebih Populer dan Lebih Terpercaya

Alasan ini sangat unik tapi inilah kenyataannya, saya lebih suka dengan sesuatu yang telah populer, semisal facebook, instagram, dan google, jika ada situs yang belum populer maka saya tidak akan sering mengunjunginya, kecuali jika saya membutuhkannya.

Google Lebih Mengutamakan Kepentingan Penggunanya

Hal itu dapat dilihat ketika kita menjelajahi salah satu situs web yang berisi malware berbahaya, Google akan langsung mencegah kita agar tidak mengunjungi situs web tersebut karena Google tidak ingin salah satu komputer dari penggunanya terserang oleh malware gara-gara situs yang ditampilkan di hasil pencarian.

Jika situs tersebut sudah terdeteksi sebagai situs berbahaya maka secara perlahan google akan menghapus situs tersebut dalam hasil pencariannya.

Mengubah Default Search Engine Firefox di Linux Mint

Sebenarnya mengubah default search engine di linux mint tidak sesulit apa yang kita bayangkan, bahkan tanpa saya menulis tutorial ini pun mungkin anda sudah dapat memahaminya.

Mengingat setelan didalam browser ini sangatlah banyak, jadi tidak ada salahnya saya berbagi tulisan ini, khususnya bagi para pemula yang sedang ingin belajar.

1. Silahkan buka menu icon disebelah kanan atas browser, kemudian buka pengaturan browser firefox anda.

2. Pada Tab Umum, silahkan ganti alamat default didalam beranda anda dengan www.google.com.

3. Sekarang beralih ke Tab Search, pada menu mesin pencari sekali klik, silahkan hapus beberapa search engine yang tidak diperlukan.

4. Sekarang kita kembali ke tujuan awal kita yaitu mengubah default search engine kita dengan Google  silahkan buka link "temukan lebih banyak mesin pencari" yang terdapat pada menu search.

5. Anda akan diarahkan ke halaman linux mint, disana akan terdapat beberapa search engine yang direkomendasikan silahkan scrool sampai pada Other Search Engine.

6. Klik Logo Google, kemudian tambahkan mesin pencari tersebut, centang pilihan langsung gunakan sebagai mesin pencari sejak sekarang.

Sekarang anda sudah memasang Google Search didalam browser Firefox anda.

Langkah selanjutnya adalah mengubah Google Search sebagai salah satu search engine default di Browser Firefox anda.

1. Buka pengaturan browser anda, kemudian masuk ke Tab Search. Kemudian scroll lagi sampainke mesin pencari sekali klik.

2. Geser Menu Pencari Google sampai ke yang paling atas, agar mesin pencari ini digunakan sebagai salah satu mesin pencari default anda saat menjelajah.

3. Sekarang anda sudah sepenuhnya memasang search engine ini didalam browser firefox anda.

Jika anda ingin memasang search engine yang lainnya silahkan buka halaman linux mint seperti pada sebelumnya, kemudian pilih search engine yang anda inginkan.

Keuntungan Memasang Widget Search Engine ini secara manual

Anda tidak perlu mengetikkan google.com ketika ingin mengunjungi halaman google, jadi anda tinggal mengetik kata kunci yang ingin anda tuju saja, baik di kotak pencarian maupun di address bar.

Anda akan langsung diarahkan ke halaman hasil pencarian saat anda selesai menelusuri kata kunci tersebut. Jadi intinya anda tidak perlu repot-repot mengetik www.google.com lagi sampai seterusnya.

Demikian semoga panduan ini dapat bermanfaat khususnya untuk pemula.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengubah Default Search Engine Firefox dengan Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel