Cara Mendisable Windows Defender, Antivirus di Windows 10

Halo, semuanya bagaimana kabarnya? semoga kalian semuanya sehat selalu dan selalu dalam perlindungannya, aamiin..

Nah pada kesempatan kali ini saya akan share panduan komputer lagi mengenai cara mendisable Windows Defender yang merupakan antivirus milik Windows 10.

Sebenarnya apa sih Windows Defender itu? Jika kalian belum tahu tentang antivirus ini, sebenarnya antivirus ini memang hanya secara khusus tersedia di Windows 10. Jika anda pengguna Windows 7, Windows 8, atau Window XP, wajar aja bila kalian nggak tahu hehe.

windows defender logo

Antivirus yang bernama Windows Defender ini sebernanya berbeda dengan antivirus-antivirus yang lain seperti Smadav, Proton, Avast, dan lain sebagainya. Bahkan Microsoft Security Essentials sekalipun.

Padahal Microsoft Securitu Essentials dan Windows Defender adalah sama-sama produk Microsoft dan sama-sama produk yang bekerja untuk membasmi virus, akan tetapi mereka sama sekali tidak sama.

Berikut alasan perbedaannya.

Micorosft Security Essentials adalah software antivirus khusus untuk Windows 10 kebawah seperti Windows 7 dan Windows 8, sedangkan Windows Defender adalah antivirus khusus untuk Windows 10.

Microsoft Security Essentials juga merupakan software yang diinstal secara manual, jadi buat kamu yang baru instal ulang Windows 7 atau Windows 8, kamu pasti tidak akan mendapati antivirus apa-apa di Windows 7 atau Windows 8 kamu, jadi kamu harus instal manual antivirusnya.

Sedangkan Windows Defender adalah software bawaan di Windows 10, jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi buat instal software antivirus lainnya karena di Windows 10 kamu sudah mendapatkan antivirus bawaannya seperti Windows Defender ini.

Dan masih banyak perbedaan lainnya antara Windows Security Essentials dan Windows Defender.

Sekarang saya ingin tanya ke kalian, untuk apa sih kalian mau mendisable windows defender? bukankah Windows Defender adalah proteksi yang sangat bagus? atau karena anda ingin menggantinya dengan antivirus yang lain?

Jika anda ingin mengantinya dengan antivirus lain, maka ini tidak disarankan, karena proteksi Windows Defender adalah menyeluruh ditambah lagi Windows Defender adalah Antivirus bawaan milik Microsoft jadi nggak perlu diganti dengan antivirus yang lain.

Tapi kalau ingin mendisable Windows Defender karena pengen instal suatu software yang memerlukan disable pada antivirus maka boleh-boleh saja, tapi asal jangan instal software bajakan ya.

Cara Disable Windows Defender di Windows 10

Nama lain dari Windows Defender adalah Pusat Keamanan Pertahanan Windows, jadi kalau kalian mencari-cari Nama Windows Defender di kolom pencarian Aplikasi maka anda tidak akan menemukannya.

1. Untuk Mematikan Windows Defender silahkan buka Menu Settings, dengan cara klik menu Start kemudian klik icon settings yang terletak diatas icon shutdown.

2. Kemudian Pada Pengaturan Windows, scroll kebawah lalu cari Menu Pembaruan & Keamanan.


3. Pilih Menu Keamanan Windows, kemudian Bukan Pusat Pertahanan Keamanan Windows.


4. Dari sini anda sudah masuk ke Aplikasi Windows Defender, sekarang untuk mematikannya adalah dengan memilih menu Perlindungan Virus & Ancaman.

5. Buka menu pengaturan perlindungan dari virus & ancaman, nah pada perlindungan real-time nya, anda bisa menonaktifkan fitur ini.


Setelah anda menonaktifkan perlindungan real-time diatas, maka anda sudah berhasil mematikan/mendisable antivirus dari Windows Defender.

Sekarang anda bisa mencoba mencari beberapa dampak lainnya setelah menonaktifkan fitur ini seperti menginstal aplikasi yang memerlukan disabel pada antivirus dan lain sebagainya.

Jika anda sudah mematikan/mendisable Windows Defender

Maka semua yang anda lakukan adalah resiko dari masing-masing pihak, karena setelah dinonaktifkannya windows defender, anda tidak mempunyai perlindungan apapun pada komputer anda sehingga tindakan penginstalan aplikasi pada komputer anda sangat berisiko sekali, karena tidak ada pemindai aplikasi.

Selain itu, jika anda browsing diinternet, tindakan anda juga sangat beresiko sekali jadi pastikan anda tidak mengunjungi website manapun dalam keadaan tidak terproteksi termasuk di website ini, tapi bukan berarti diwebsite nya ada virus lohh yaa.

Tapi untuk perlindungan jika sewaktu anda mengunduh sesuatu dari website manapun, ternyata anda mengunduh sebuah file yang harusnya diblokir.

Jika anda memiliki pertanyaan atau apapun yang membuat anda bingung saat menonaktifkan/mendisable Windows Defender jangan segan untuk bertanya pada kami.

Demikian semoga panduan singkat mengenai Cara Mendisable Windows Defender, Antivirus di Windows 10 semoga dapat bermanfaat khususnya untuk pemula komputer.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendisable Windows Defender, Antivirus di Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel