3 Cara Mudah Uninstal Aplikasi di Windows 10

Cara Uninstal aplikasi di windows 10 sebenarnya nggak jauh beda dengan windows versi sebelumnya, dan jika saya membahasnya pada postingan ini mungkin anda sudah tidak asing lagi dengannya.

Ya, kebanyakan pengguna windows pasti sudah tahu dengan fitur uninstaller ini, bahkan pengguna awam sekalipun. Namun apa jadinya jika fitur uninstaller ini ditambah seperti yang sediakan di windows 10.

Di Windows 10, anda nggak hanya dikasih 1 fitur buat uninstaller, tapi fitur sekaligus. Fitur-fitur ini sebenarnya mempunyai tujuan yang sama, namun cara kerjanya berbeda-beda.

Untuk persamaannya yaitu sama-sama untuk uninstal aplikasi, dan untuk perbedaannya yaitu terletak pada fungsinya masing-masing.

uninstal aplikasi windows 10

Berikut ini adalah 3 fitur yang saya maksud:

1. Uninstal Melalui Control Panel

Nah, kalau yang ini mungkin anda sudah nggak asing lagi, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Ini adalah fitur pertama yang wajib anda kenal, jika anda menginstal banyak aplikasi di sistem operasi windows anda, baik windows 7, windows 8, maupun windows 10.

Jika anda nggak kenal fitur ini, pastinya anda nggak akan puas menggunakan komputer karena selalu terbayang-banyang memori penuh namun belum tahu cara uninstal aplikasi.

Di Windows 10, fitur ini benar-benar beda loh, dan ini menurut pengalaman saya pribadi.

Fitur Control Panel merupakan fitur yang secara khusus untuk menguninstal aplikasi-aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal, maksudnya adalah anda sendirilah yang menginstal sebuah aplikasi, tanpa menggunakan perantara apapun.

Masuk kedalam Menu Control Panel

Jika di Windows 7 dan 8 anda bisa masuk ke menu Control panel dengan mudah, maka di Windows 10 mungkin anda akan merasa sedikit kebingungan, karena tampilan sedikit berbeda dengan windows versi sebelumnya.

Untuk masuk ke menu control panel, silahkan buka menu File Explorer, kemudian pada Address Bar File Explorer ketikkan kata kunci Control Panel, kemudian tekan Enter.


Maka anda akan masuk kedalam menu Control Panel secara otomatis, selanjutnya silahkan buka menu hapus instalan program pada menu program.


Silahkan lakukan penguninstalan seperti biasanya seperti saat anda menguninstal aplikasi menggunakan windows 7 atau 8. Yaitu dengan cara klik kanan kemudian klik uninstal program/hapus instalan.


Nggak terlalu bingung kan? sekarang lanjut ke fitur berikutnya.

2. Uninstal Aplikasi Melalui Start Menu

Nah, kalau yang ini mungkin terlihat sesuatu yang baru bagi anda, karena di windows versi sebelumnya anda tidak bisa menguninstal aplikasi melalui start menu, seperti di tampilan start menu windows 7.

Tapi sayangnya nggak semua aplikasi dapat diuninstal dengan gampangnya alias hanya beberapa aplikasi tertentu saja yang bisa diuninstal langsung menggunakan fitur di start menu.

Seperti aplikasi yang secara khusus, yang mana penginstalannya melalui perantara Microsoft Store secara langsung. Jadi, aplikasi yang nggak diinstal melalui Microsoft Store, anda nggak bisa menggunakan fitur ini.

Jika anda pernah menginstal aplikasi melalu Microsoft Store anda bisa menguninstalnya menggunakan cara berikut.

Masuk Ke Start Menu, kemudian pada daftar aplikasi silahkan cari aplikasi yang ingin diuninstal, kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut, dan terakhir pilih Hapus Instalan.


Sekarang aplikasi tersebut akan dicopot pemasangannya. Lebih mudah dari daripada control panel kan?

3. Uninstal Aplikasi Melalui Menu Pengaturan Windows 10

Selain kedua cara yang saya sebutkan diatas, sebenarnya ada satu langkah yang benar-benar gamblang untuk melakukan semua itu, yaitu melalui menu pengaturan Windows 10 nya langsung.

Melalui menu pengaturan ini, anda nggak hanya disuguhkan beberapa aplikasi khusus saja, melainkan seluruh aplikasi baik penginstalannya melalui Microsoft Store maupun Penginstalan Manual.

Anda bisa menguninstal aplikasi dengan sangat mudah, yaitu cukup masuk ke menu pengaturan.

Buka Start Menu, pilih Icon Pengaturan.
Setelah masuk ke menu pengaturan, pilih menu Aplikasi.


Di Menu Aplikasi, pilih Aplikasi dan Fitur.
Sekarang anda bisa memilih Aplikasi yang akan diuninstalnya dengan cara klik pada aplikasi lalu pilih Hapus Instalan.


Cara terakhir ini adalah cara yang paling saya rekomendasikan buat anda yang ingin menguninstal beberapa aplikasi secara bersamaan, baik aplikasi dari Microsoft Store maupun aplikasi dari pihak ketiga (penginstalan manual).

Setiap fitur diatas mempunyai kelebihan serta kekurangannya tersendiri, jadi dengan kegunaan fitur diatas, anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anda masing-masing.

Mungkin cukup sekian dari ulasan singkat yang saya berikan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat buat yang membacanya.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mudah Uninstal Aplikasi di Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel